Sunday, February 24, 2013

The Awesome Trip! 'Sikakap-Tuapejat'

Perjalanan kami selama 3 hari sungguh luar biasa.  Perubahan rencana yang tiba-tiba membuat kami berlima terombang-ambing di lautan selama total 31 JAM!! Luar biasa peningnya, luar biasa mualnya, dan luar biasa lelahnya XD

Minggu (11 November 2012) pagi jam 8 kami berangkat ke Tuapejat, ibukota Kabupaten Kepulauan Mentawai.  Tuapejat ini terletak di Pulau Sipora, sebelah utara Pulau Pagai.  Entah berapa kilometer jaraknya, pokoknya jauh.  Kami ‘menumpang’ di KM Beriloga dengan tiket seharga 5 ribu rupiah.  Murah kan? Murah banget 5 ribu untuk perjalanan laut 9 jam.  Tapi jika kami tak menambah pengeluaran untuk perjalanan dengan KM Beriloga, maka kami akan stres karena harus duduk di—yaa bisa disebut emperan.  Semua orang bercampur baur.  Bukan hanya orang, tapi benda-benda mati seperti perabotan rumah tangga serta duren dan sayur-sayuran yang akan dibawa ke ibukota.  Sungguh penuh sesak.  Untungnya sehari sebelumnya kami sudah menyewa 1 kamar untuk 4 bed yang bisa kami gunakan untuk istirahat dengan harga 50 ribu per bed.  Namun karena kamar umum penuh.  Maka kami disarankan untuk menyewa kamar ABK yang hanya berisi 2 bed per kamar, dan kami belum tau berapa harga per-bed nya saat mengiyakan.  Ternyata harganya 100 ribu per bed. Wuah… 500 ribu melayang sudah demi keamanan dan kenyamanan perjalanan ke Tuapejat :D

KM Beriloga
Perjalanan awal kami bersama KM Beriloga seruuuu sekali.  Kami bisa sarapan di dek kapal bagian depan dimana kami bisa melihat lautan lepas di sebelah kanan dan hamparan pulau pagai utara di sebelah kiri.  Anginnya juga asoy.  Karena masih terhalang oleh pulau, jadi ombaknya tidak terlalu besar.  Sambil muter lagu yang disambungkan dengan spiker kami duduk-duduk di kapal, ngobrol-ngobrol ga jelas.  Sejam kemudian ombak sudah mulai besar.  Si Beriloga bergerak naik turun mengikuti gelombang sehingga kami juga ikut terhuyung-huyung.  Tapi kalo berdiri seru loh.  Kayak surfing gitu.  Berasa keren.  Trus Ka Inang kehilangan keseimbangan pas mau masuk ke kamar.  Dan tiba-tiba dia muntah di plastik.  Hahaha. Ya ampun.  Dia ratu rimba dan hanya bisa “hidup” di hutan ternyata.  Akhirnya aku juga ikutan masuk ke kamar karena udah mulai pusing melihat kapal yang naik-turun.

Menyusuri Pulau Pagai Utara menuju Pulau Sipora
Sarapan di Dek KM Beriloga
Masih excited  Poto-poto :D
Tidur di kasur rasanya kayak digoyang-goyang ke kanan dan kiri. Aaaa. Sungguh pening rasanya.  Pusing delapan keliling.  Makin lama gelombang yang dilewatin makin besar dan Beriloga makin berusaha keras untuk survive di lautan demi keselamatan awak dan para penumpangnya.. Allahuakbar.  Di dalem kamar berasa gempa bumi.  Aku hanya bisa memejamkan mata agar tidak melihat pemandangan ‘gempa bumi’ itu.  Entah berapa lama kami digoyang-goyang seperti itu.. Jam 5 sore kami sampai di Pelabuhan Tuapejat.  Tuapejat itu artinya persinggahan.  Memang biasa disinggahi oleh berbagai jenis kapal.

Malamnya kami menginap di Hotel Turonia, di Jalan Raya Tuapejat km 5,5.  Kami berempat tidur sekamar dan Ka Ido tidur bareng sama orang Puskesmas, yaitu Bang Eki dan Bang Gem.  Sebenarnya kami ke Tuapejat ini adalah dalam rangka mengikuti Puskesmas Sikakap untuk monitoring-evaluasi dengan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Kep Mentawai sekalian buat merujuk 3 pasien dari Puskesmas Sikakap ke RSUD Tuapejat.  Ternyata monev itu dilaksanakan minggu depan -.-“ Minggu ini adalah laporan per Puskesmas untuk program Malaria saja.  Dan yang lebih parah adalah Dokter Warta mengundang kami untuk datang Senin depannya di acara Lokakarya (ketemuan segala sektor) dan Launching Puskesmas Terapung.  Haduh.  Jadinya kami galau.  Kami ga mungkin tinggal di Tuapejat sampe senin depan untuk menghadiri acara Lokakarya itu, karena kami ga ada duit buat hidup di Tuapejat :D
Pertemuan Program Malaria di Dinkes Kabupaten Kepulauan Mentawai
Kata orang Dinkes, memang biaya hidup di Tuapejat itu mahhal karena dianggap gaji orang-orang pemerintahan itu besar. Tuapejat sepi ciiinn.  Jalannya kelebaran masa :O  cuma karena pusat pemerintahan itu di Tuapejat, jadi isinya “pejabat” semua dan banyak orang yang dianggap penting disana.  Tapi lebih rame di Sikakap, barang-barang juga lebih murah di Sikakap.
Jalanan Tuapejat yang Lebar nan Sepi...

RSUD Kepulauan Mentawai di Tuapejat, Pulau Sipora
Akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke Sikakap saja daripada hidup lama di Tuapejat tanpa alasan yang jelas dan cuma bisa ngabisin duit XD  Kapal balik langsung ke Sikakap itu adanya hari Sabtu.  Nunggu hari sabtu kelamaan, jadi kami kembali ke Sikakap via Padang.  Mekanismenya adalah Senin sore kami naik kapal dari Tuapejat ke Padang, kemudian Selasa sore lanjut naik kapal dari Padang ke Sikakap.  Ini tidak mudah.  Kami sudah membayangkan bagaimana lelahnya jika kami berlima nekat melakukan itu.  Setelah dihitung-hitung biaya yang akan dikeluarkan, kami membeli tiket ekonomi (karena yang bisnis habis) di Pelabuhan Tuapejat.

Ambu-ambu Tuapejat-Padang tiketnya berharga 75 ribu rupiah per orang untuk kelas ekonomi, berangkat jam 8 malam.  Kami belum pernah masuk ke kelas ekonomi, tapi kami coba saja agar bisa segera sampai di tanah Sikakap.  Ambu-ambu ini memang lebih bagus daripada KM Tanjung Burang yang dulu kami naiki pertama kali.  Fasilitasnya lebih bagus dan terawat, serta kamar mandinya banyak dan bersih.  Mungkin karena Ambu-ambu baru saja naik dock (perbaikan kapal) jadi semua fasilitasnya masih baru.  Namun di kelas ekonomi, orang bebas merokok dimana saja mereka mau.  Errr.  -_-“

Ka Inang muntah loh pas kapal baru aja jalan.  Sudah dua kali dia muntah di atas kapal.  Trus kami menyewa satu matras seharga 35 ribu rupiah untuk tidur bergantian.  Kalo dipikir-pikir sama aja dong harga tiket bisnis sama harga tiket ekonomi plus matras.  Secara harga tiket bisnis ‘cuma’ 105 ribu rupiah per orang, dengan fasilitas yang lebih bagus dan nyaman..  Maka kami berpikir perjalanan kami ke Sikakap besoknya harus pake yang bisnis.  Malamnya, saat kapal naik-turun, aku merasa amat mual dan langsung bergegas menuju kamar mandi, dan aku muntah.  Hmm.. puyeng rasanya.  Dan nasi yang tadi kumakan udah keluar semua.  Aku emang nggak minum antimo sih, karena pas di Beriloga aku ga mabuk.  Ternyata laut memang memabukkan ._.

Ambu-ambu Kelas Ekonomi
Ka Ido Tidur XD
Selasa, 13 November 2012 jam 6 pagi kami sampai di Pelabuhan Bungus, Padang.  Berarti perjalanan Tuapejat-Padang menghabiskan waktu 10 jam.  Cape bangettt.  Belum lagi kami harus naik taksi ke Kota Padang, mencari masjid untuk mandi.  Sampailah kami di sebuah masjid yang letaknya dekat dengan Plaza Andalas.  Sengaja.  Biar langsung bisa belanja di PA.  Sebelum ke PA, kami makan lontong sayur dan pecel dulu di depan masjid.  Dan layaknya orang yang sudah beberapa hari tinggal di daerah berharga makanan mahal, maka sarapan di Padang yang murah itu sungguh sesuatu :O

Masjid Al Muqamah di Padang :)
Waktunya belanja di PA.  Ka Inang dan Ka Resti berpisah untuk belanja di Pasar Alai dan mencari seorang bernama Indra yang tak lain dan tak bukan adalah anak dari pasien rujukan yang kuliahnya di STIKIP PGRI Padang.  Belanja di R*mayana (setelah sekian lama ga ketemu supermarket) rasanya te-o-pe be-ge- te.  Kalap.  Super kalap.  Semuaaaaa pengen dibeli.  Apalagi Ka Ido, apa aja minta dibeli.. Dan akhirnya lebih dari setengah juta kami habisin buat belanja di R*mayana XD Trus siangnya makan di Sol*ria dan beli dinner K*C buat di Ambu-ambu.

Setelah itu kami bergegas menuju Pelabuhan Bungus lagi dengan naik taksi, bersama dengan banyak plastik belanjaan dan satu kardus BESAR belanjaan.  Kardusnya itu kardus bekas Sw*ety popok bayi itu loh.  Jadi kayak habis beli popok bayi buat dibagiin ke bayi sekampung gitu.  Karena trauma mendalam yang kami alami pada malam sebelumnya di Ambu-ambu, maka kami buru-buru menuju Bungus agar bisa mendapatkan tiket bisnis.  Namun apa daya.  Tak tau sebenarnya harus datang di depan loket jam berapa agar bisa dapet yang bisnis.  Karena lagi-lagi kami dapet yang ekonomi di Ambu-ambu Padang-Sikakap.  Zzzzt.  Yasudahlah, harusnya kami sudah tak kaget lagi kalo naik ekonomi karena udah pernah.  Bismillah aja.  Semoga ga mabuk laut (lagi).  Yang aku pikirkan adalah ingin sampai di Sikakap secepat mungkin..

Rabu, 14 November 2012 jam 6.30 kami sampai di Pelabuhan Sikakap setelah 12 jam terombang-ambing di atas lautan. Dengan ini, lengkap sudah 31 jam yang kami jalani di laut.  31 jam selama 3 hari itu sungguh tak bisa digambarkan dengan kalimat, kata-kata, bahkan huruf.  Hujan yang menyambut kami di Pelabuhan Sikakap membuat baju kami basah sampai rumah.  Sampai rumah langsung sarapan (yang harusnya dimakan buat dinner semalam) dan tiduuurrr… Tidur dari jam 8-11 itu sungguh subhanallah rasanya.  Bisa rebahin badan sampe lurus, yang 2 malam terakhir tak bisa kami lakukan..

Beneran deh.  Mikir-mikir lagi kalo mau ngelakuin perjalanan laut selama itu.  Karena capenya nggak nahan.. hahaha.  Tapi lumayan lah.. Pengalaman.  Kalo bukan karena Pencerah Nusantara, mana pernah aku ngalamin hal yang begini B-)

1 comment:

1. halo vidia, aku vina, dari jakarta, begini, minggu depan mau nginep di hotel turonia, mau tanya gimana itu hotelnya? fasilitas dan lain-lainnya, rekomendasi mu gimana? mohon reply ya :) makasih banyak sebelumnya!